MV 2ne1 “Hate You” Dituduh Sebagai Anti Jepang

MV 2NE1 “Hate You” telah telah menjadi kontroversi baru-baru  ini setelah beberapa fans Jepang menuduh MV ini telah menggambarkan sentimen anti-Jepang di keseluruhan video. Video yang dirancang oleh artis grafis Mari Kim dimana alur cerita terdapat empat pahlawan perempuan ( anggota 2NE1) yang melawan rakasa jahat untuk menyelamatkan dunia dari kehancuran.




Tuduhan anti-Jepang ini sebagian besar didasarkan pada dua adegan. Salah satunya adalah sebuah reaktor nuklir yang meledak, menurut penggemar Jepang, terlihat sangat mirip dengan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Fukushima. yang juga dikenal sebagai Fukushima Daiichi, pembangkit listrik tenaga nuklir yang dibuat tidak aktif setelah rusak oleh gempa bumi dan tsunami besar yang menyerang  Maret lalu.


Adegan kedua adalah raksasa jahat yang memiliki titik merah di dahinya. Menurut dugaan, titik merah pada kepala putih itu menandai bendera nasional Jepang (yang tentu saja memiliki titik merah besar pada latar belakang putih).

Saat ini, “Hate You” , MV resmi 2NE1 di saluran YouTube dibanjiri dengan komentar dari kedua sisi perdebatan. Beberapa komentar berbunyi, “pembangkit listrik tenaga nuklir dalam video tersebut adalah penghinaan ke Fukushima,” atau “Jika itu adalah negara yang berbeda, kita mungkin berpikir itu hanya kebetulan. Tapi Korea  berbeda karena mereka merayakan gempa di Jepang. “

Jepang diguncang oleh gempa 9,0 dan tsunami di bulan Maret Yang  dikenang sebagai salah satu yang terburuk dalam sejarah. Setelah bencana, banyak Bintang K-Pop  dan penggemar Korea mengirim pesan dukungan dan sumbangan untuk membantu upaya pemulihan. Namun, September lalu, selama pertandingan sepak bola antara Korea dan tim profesional Jepang, beberapa penggemar Korea mengeluarkan sebuah poster yang mengatakan, “Kami merayakan gempa di timur Jepang,” yang menembakkan kontroversi sengit antara netizen Korea dan Jepang. Bahkan beberapa media lokal melaporkan pada perdebatan sengit, dengan mengatakan, “Ini mungkin hanya sebuah animasi sederhana Tetapi jika Jepang lebih banyak penggemar dan lebih mulai mengambil dengan cara yang salah, promosi 2NE1 di Jepang bisa sulit ..”


cr thunderstix at soompi

Comments