Pulau Jeju terpilih diantara 10 finalis dalam 7 keajaiban baru -the 7 Wonders



Pulau Jeju di Korea Selatan ditetapkan sebagai salah satu diantara 10 finalis dalam pemungutan suara global untuk memilih 7 keajaiban baru -the 7 Wonders dunia dalam warisan alam. 

10 tempat top di pemungutan suara online ternyata selain pulau Jeju, juga the Dead Sea di Israel, the Grand Canyon di Amerika Serikat, the Great Barrier Reef di Australia, Halong Bay di Vietnam, Jeita Grotto di Lebanon, Komodo Island di Indonesia, Sungai bawah tanah Puerto Princesa di Filipina, Sundarbans di India dan Bangladesh serta Vesuvius di Italia. 


Hasil atas 7 finalis akan dikeluarkan melalui situs Web new7wonders.com pada pukul 4:07, hari Sabtu pagi waktu Korea.


440 tempat di manca negara turut serta dalam babak penyisihan yang dilaksanakan 2 kali sejak tahun 2007. 28 tempat final kemudian terpilih melalui juri putaran ketiga dan kini sedang dilaksanakan pemilihan final.


Pulau Jeju dimana terletak di Laut Selatan, Korea, menempuh sejarak 73 km antara Timur dan Barat, dan sekitar 32 km dari Selatan sampai Utara. Pulau Jeju adalah pulau api terbesar di Korea yang terdiri dari 8 pulau penghuni dan sektiar 50 pulau tak berpenghuni. Pulau Jeju telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai 'Zona pemeliharaan makhluk hidup', 'warisan alam dunia' dan 'taman geologi dunia' atas bidang ilmu pengetahuan alam. 


Bilamana terpilih sebagai 7 Wonder baru itu, pulau Jeju akan diperkokoh lagi sebagai warisan yang sangat bernilai bagi seluruh warga penduduk di dunia, demi berkembangkannya lagi sebagai tempat wisata unggul di dunia. 



kbs@IniSajaMo

Comments