Penyanyi Lagu Tradisional Terunggul Pada Abad ke-20, Yim Bang-ul




Memperoleh Gengsi Terbaik Lewat Lagu 'Ssukdaemeori'

Sebagian dari lagu Pansori 'Chunhyangga', yaitu 'Ssukdaemeori' yang dinyanyikan oleh Chunhyang di dalam penjara setelah dia dipukuli tidak begitu terkenal dan bahkan tidak ada penyanyi yang menyanyikannya dengan baik. Namun, setelah munculnya seorang penyanyi yang kami akan perkenalkan hari ini, banyak penyanyi lagu tradisional Korea rela menyanyikan 'Ssukdaemeori'. Orang yang dijuluki sebagai 'penyanyi pansori nasional Korea', walaupun dia tidak pernah menerima gelar resmi apapun... Dia tiada lain adalah penyanyi pansori nasional Korea, Yim Bang-ul.


 Penyanyi Pansori Yang Dikaruniai

Nama asli penyanyi Yim Bang-ul yang lahir pada tahun 1905 adalah Yim Seung-geun. Salah satu penyanyi lagu tradisional terbaik pada masa Kekaisaran Han Raya, yaitu Kim Chang-hwan adalah paman dari pihak ibu Yim Bang-ul. Oleh sebab itu, dia belajar lagu tradisional Korea bersama sepupunya sejak masih kecil dan saat dia berusia 12 tahun, dia ikut serta dalam kelompok opera ala Korea, Changgeuk yang dipimpin oleh penyanyi terkenal di daerah Naju, Park Jae-shil. Di bawah penyanyi Park Jae-shil, Yim mendapat pelajaran khusus mengenai sejenis opera Korea 'Seopyeonje', termasuk pansori 'Chunhyangga' dan 'Heungboga.'

Dua tahun kemudian, dia belajar lagi pansori 'Sugunga' dan 'Jeokbyeokga' yang tergolong sebagai sejenis opera lain Korea 'Dongpyeonje' di bawah maestro Yu Seong-jun. Namun, Yim Bang-ul tidak dapat mengeluarkan suaranya sepuas-puasnya saat berusia 17 tahun, karena dia mengalami perubahaan suara. Oleh karena itu, dia melakukan latihan khusus.


 Latihan Untuk Memperoleh Suara

Biasanya, penyanyi Pansori memanfaatkan 2 jenis cara untuk memperoleh suara memadai, satunya adalah mengeluarkan suara di depan air terjun dan yang lainnya adalah memperbaiki cara mengeluarkan suara di dalam gua terpencil. Yim Bang-ul berlatih di dalam gua secara berulang-ulang kali sambil menyanyikan pansori yang dia pelajari.

Di tengah-tengah situasi seperti itu, dia menderita akibat sakit dada dan berdarah pada tenggorokan. Sebagai hasilnya, dia berhasil memperoleh suara vokal yang kedengarannya sangat unik dan tersendiri dan suara ini sangat cocok pada irama menyedihkan dalam lagu tradisional Korea.


 Pennyanyi Pansori Nasional Korea Yang Menemani Rakyat

Pada tahun 1929 saat dia berusia 25 tahun, Yim Bang-ul tampil di depan publik. Walaupun penampilannya tidak begitu menarik minat para penonton, namun setelah dia menyanyikan lagu bernuansa sedih 'Ssukdaemeori' dari Pansori 'Chunhyangga', para penonton sangat terharu. Nuansa suaranya mampu menghibur hati bangsa Korea yang putus asa akibat kehilangan negara, maka albumnya terjual sebanyak 1 juta 200 ribu kopi. Dia semakin mengibarkan namanya sampai ke Jepang dan Manchuria, sehingga dia melakukan kegiatan aktif sampai meninggal dunia pada tahun 1961.

Sementara, dia menghabiskan uangnya untuk para tetangga yang mengalami kesulitan dan juga tidak mewarisi bakatnya kepada seseorang. Namun, demi Yim Bang-ul yang menjalani hidupnya bersama masyarakat untuk menyanyikan keluh kesah dari rakyat di mana saja, masyarakat menganugerahkan julukan kepadanya sebagai 'penyanyi pansori nasional Korea'.




Source KBS World@IniSajaMo

Comments