TAHUN NAGA HITAM




Tahun 2012 adalah Tahun Naga dan mitos binatang , terlihat dalam "Hwangnyonggi", melambangkan kekuasaan dan kekayaan. (Courtesy Museum Istana Nasional Korea)

Hewan yang memiliki kepala menyerupai unta, mata dari kelinci, hidung babi, telinga seperti lembu, mirip dengan uang tanduk rusa, leher seperti  ular, tinju  sengit seperti harimau, cakar tajam dari elang dan sisik tidak berbeda dari ikan mas . Ada kumis panjang menghiasi mulut dan benjolan di tengah-tengah kepala, yang memungkinkan hewan untuk terbang di udara. Dengan cara ini, makhluk mitos naga digambarkan dalam "Boncho Gangmok" (Rekaman Baris dari Botani Kedokteran Cina) awalnya diterbitkan pada 1596.

Tahun Depan, tahun 2012 adalah Tahun Naga, atau Tahun Im-jin, menurut astrologi Cina, ketika nasib baik adalah diharapkan untuk memulai dan naik ke langit seperti  naga lakukan.

Tahun Naga Hitam


 
 
 
Naga adalah tanda kelima dan satu-satunya hewan fantastis dalam zodiak Cina. "Naga adalah makhluk budaya, bukan hewan biologis. Ini adalah yang paling bergengsi dengan otoritas tertinggi", kata Cheon Jin-gi, direktur umum dari Folk Museum Nasional. "Meskipun mitos, naga adalah hewan yang akrab. Ada pepatah yang mengatakan bahwa orang dapat menggambar naga meskipun mereka belum pernah melihat naga,. Tetapi mereka tidak bisa menggambar ular bahkan setelah melihat satupun".

Di antara tahun-tahun siklus zodiak, tahun 2012 adalah Tahun Naga Hitam, sebagai "im" berarti hitam dan "jin" berarti naga menurut sistem "Ganji"Korea, atau siklus yg berumur enampuluh tahun. Sistem ini merupakan kombinasi dari 12 hewan zodiak dan lima warna tradisional - biru, merah, kuning, putih dan hitam.

Tahun Naga datang setiap 12 tahun, tetapi Black Dragon tiba setiap 60 tahun, membuat 2012 lebih istimewa. Tingkat kelahiran diperkirakan akan meningkat tahun depan, banyak pasangan menikah yang akan ingin bayi mereka lahir di bawah energi naga, bermartabat hitam yang kuat.

Naga dalam budaya Korea

Sang naga mewakili kekuatan, martabat dan keagungan. Selama Kerajaan Joseon (1392-1910), hanya para raja yang bisa menggunakan naga di istana sebagai simbol nya. Mereka mengenakan "gollyongpo", atau jubah naga, minum dari botol dengan gambar naga dan membawa "Hwangnyonggi", atau bendera naga kuning, ketika mereka memeriksa tentara. "Yongsang", atau takhta,  dihiasi dengan relief naga.

Binatang mitos juga populer di kalangan rakyat jelata sebagai simbol kekuasaan, khususnya berkaitan dengan air. Di daerah pantai, orang mengadakan "Yongwang-gut", sebuah ritual perdukunan menghormati raja naga yang tinggal di laut dan bertanggung jawab atas air dan hujan. Mereka juga menawarkan "eobuseum", atau nasi yang dibungkus kertas putih ", kepada raja naga pada hari bulan purnama pertama tahun ini, berharap keberuntungan sepanjang tahun mendatang.

 

Karena naga dianggap binatang suci dari legenda, orang selalu ingin melihat naga, bahkan dalam mimpi mereka. Mimpi yang menampilkan naga dianggap menguntungkan. Khusus untuk mimpi bayangan konsepsi bayi, naga itu diperhitungkan yang terbaik.

Dalam agama, naga adalah salah satu dharma dalam Buddhisme, muncul di berbagai tempat di kuil-kuil dan bertindak sebagai pelindung.

Sifat dari 'orang naga'


 

Dianggap keluar dan aktif, "orang naga", atau mereka yang lahir di Tahun Naga, cinta alam, suka melakukan perjalanan (traveling) dan memiliki lidah perak.

Penuh vitalitas dan semangat, mereka cenderung untuk maju terus-menerus. Pada sisi yang lain, mereka juga dianggap egosentris, tak terduga dan sembrono. Sebagai individu , mereka tegas , perfeksionis dengan standar tinggi. Mereka tidak melihat ke belakang sekali mereka menetapkan tujuan dan tidak berbohong karena sifat mereka yang benar.

Mereka lugas dan karakteristiknya terus terang, keduanya memberi keuntungan dan kerugian, tetapi orang yang lahir di bawah tanda kilauan Naga , mereka menerangi semua orang di tengah-tengah mereka.

Selebriti yang lahir di Tahun Naga

 

 Tahun terakhir ini dibumbui oleh aktor Han Seok-Kyu, lahir pada 3 November 1964, menunjukkan dengan jelas kelahiran kembali bintang naga dalam drama "Deep-rooted Tree" drama tentang penciptaan "Hangeul", alfabet Korea. Han memainkan Raja Sejong (1397-1450) dari Kerajaan Joseon (1392-1910). Drama dan kinerja Han di dalamnya keduanya sangat diakui. Banyak yang memprediksi bahwa Han akan memenangkan hadiah utama pada Penghargaan 2011 SBS Drama hari ini.
"Deep-rooted Tree" adalah comeback mulia Han ke layar kecil setelah 16 tahun dan menandai akhir dari sebuah kemerosotan hampir delapan tahun. Aktor veteran ini sebenarnya memulai karirnya sebagai aktor suara di KBS pada tahun 1990. Dia kemudian mulai bekerja pada MBC tahun berikutnya. Dia membuat tanda yang paling signifikan dengan "Shiri" (1999), film pertama blockbuster Korea tentang dua volatil Korea dan cinta yang tragis antara agen rahasia. Dia juga membuat film hit lain seperti "No 3" (1997) dan "Christmas in August" (1998).. Saat ini, Han dilemparkan dalam film mata-mata yang akan datang, "The Berlin File", dengan Jeon Ji-hyeon dan Ha Jeong-woo.
Aktor Yoo Ji-tae, bintang naga lain, lahir pada tahun 1976, membawa kabar baik kepada publik, ia menikahi aktris dan model Kim Hyo-jin, kekasihnya selama  lima tahun, pada tanggal 7 dan. Pasangan ini bertemu saat pemotretan iklan fashion di tahun 2003 dan mulai berkencan pada 2006. Yoo mengungkapkan rencananya untuk menikahi Kim ketika ia muncul di talk show MBC,"Golden Fishery" Maret tahun lalu.
Sekelompok bintang laki-laki lahir pada tahun 1976, members dari the "Dragon Year Club" telah dikenal untuk persahabatan ketat mereka. Para anggota termasuk penyanyi Kim Jong-Kook, Jo Sung-mo, Hong Kyung-min dan aktor Jang Hyuk dan Cha Tae-hyun. Yoo Seung-Jun, mantan penyanyi Korea yang praktis digulingkan dari Korea setelah ia memperoleh kewarganegaraan Amerika untuk menghindari dinas militer pada tahun 2002, pernah jadi  anggota juga.
Remaja naga yang lahir pada tahun 1988 adalah menempa jalan mereka sebagai Idola K-pop. Nichkhun 2PM memiliki tahun yang besar dengan kemajuan K-pop di seluruh dunia. Dia bahkan muncul di reality show populer, "Just Married", dengan Vitoria dari kelompok gadis f (x), banyak umpan balik yang menguntungkan dari banyaknya penggemar. Hal ini juga berlaku untuk Gyu-ri Park dari Kara; menikmati kesuksesan yang ekstrim di Jepang, Park telah memainkan peran film-musical  "200 Pounds Beauty" di negara tetangga dan di sini di Korea. Kebanyakan dari semua gerombolan penggemar mengantisipasi kembalinya Big Bang dan anggota naga nya , Taeyang dan G-Dragon.



Share by : meeyoo@koreatimes.co.krleann.noh@koreatimes.co.kr
By Kwon Mee-yoo, Noh Hyun-gi
Source : www.koreatimes.co.kr/... ( English Korean )
Trans Ind : IniSajaMo


Comments