Nonton Langsung Syuting "Music Core" di MBC TV Korea



Dalam kunjungan ke Korea, kami dibawa YS Media berkunjung ke salah satu stasiun TV terbesar di Korea, MBC TV, dan melihat langsung syuting acara Music Core.

Sore itu, kami diajak berkeliling ke gedung baru MBC yang ada di daerah Ilsan, provinsi Gyeonggi. Kebetulan sedang ada syuting acara Music Core pula. Hmm, lumayan, akhirnya bisa nonton SNSD, U-Kiss, KARA, 4Minute, dan boy band baru paling hot saat ini, EXO-K langsung. Sayang, pihak MBC tak memperbolehkan kami membawa kamera dan memotret acara Music Core. Tak apa, semangat mengintip langsung salah satu acara musik paling bergengsi di Korea ini masih berkobar.

Dalam perjalanan menuju studio tempat syuting Music Core berlangsung, kami melewati beberapa ruang tunggu artis. Salah satu pintu bertuliskan EXO-K. Dan betapa terkejutnya kami ketika melintas, tiba-tiba pintu terbuka, tiga orang personel EXO-K keluar untuk ke toilet. Lebih kaget lagi, karena ketiga personel EXO-K itu lantas membungkuk dan memberi salam khas Korea, “Annyeonghasseyo!” Kami menjawab canggung sambil terus berjalan.

Penerjemah kami malah santai berceloteh, “Kasihan ya mereka, sudah jadi artis masih aja disuruh bungkuk-bungkuk gitu.…” Beberapa detik sesudahnya barulah tersadar, hei, itu EXO-K! Mengapa dilewatkan begitu saja tanpa adegan lain selain hanya mengangguk canggung? Kesempatan melihat EXO-K berikutnya di dalam studio, saat mereka menyanyikan lagu “MAMA” di panggung Music Core, dan tidak boleh mengambil gambar. Ugh!

Ada yang unik dengan sistem penyiaran acara musik di sana. Acara musik ditayangkan dengan label siaran langsung, namun sebetulnya secara teknis mereka melakukan siaran semi-langsung. Jadi, siaran langsung digabungkan dengan tayangan rekaman yang sudah syuting sebelumnya, dengan kostum dan aksi panggung yang sama persis. Jadi, si artis sebenarnya menyanyi secara live tak sampai selesai.

Beberapa menit menjelang lagu berakhir, si artis segera meninggalkan panggung dan penyanyi selanjutnya bersiap-siap di panggung. Tetapi yang tampak di TV si artis tetap terus menyanyi, padahal gambar tersebut merupakan rekaman. Pihak MBC mengatakan teknik seperti itu dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan tayang di TV. “Dulu kami menyiarkan langsung acara ini secara utuh. Tetapi ada sebuah band indie yang berulah. Mereka membuka celana di tengah pertunjukan, dan ditayangkan secara langsung. Untuk menghindari hal seperti itu, kini kami membuat tayangan semi-live,” jelasnya.

pekerja-sedang-mengerjakan-untuk-syuting
Para pekerja sedang membangun set untuk syuting serial drama lain
Suasana studio Music Core sendiri tak ubahnya festival musik. Para penonton acara ini bukan “alay” yang dibayar untuk bergoyang “cuci cuci jemur jemur”, tetapi penggemar sungguhan. “Untuk menjadi penonton, mereka harus mendaftar daring, lalu kami pilih secara acak untuk mendapatkan undangan,” jelas humas MBC.

Bagaimana jika tak mendapat undangan? Para penggemar yang tak kebagian, tak mau menyerah menonton di TV saja di rumah. Mereka nekat menunggu di luar gedung MBC, membawa poster, dan menunggu para artis sesekali muncul di balik jendela ruang tunggu sambil melambaikan tangan.

Ada pula yang menunggu di area pintu keluar dan menantikan mobil sang artis melintas. Gilanya, mereka sudah menghafal nomor pelat mobil masing-masing idola, jadi tak takut tertukar. “Kami sudah menunggu sejak jam 10 pagi di sini untuk melihat EXO-K. Walaupun nanti hanya melihat beberapa detik, kami sudah sangat senang,” kata segerombolan penggemar yang menunggu di luar. Gila, itu berarti mereka sudah menunggu selama 7 jam, karena saat itu waktu menunjukkan pukul 5 sore.

Tak hanya menyaksikan Music Core, kami juga diajak main-main ke studio tempat set syuting serial drama Light and Shadow yang dibintangi Ahn Jae Wook dan masih tayang hingga kini. Tak seperti sinetron Indonesia yang syutingnya dilakukan di studio alam dengan set rumah sungguhan, pengambilan gambar dalam ruangan serial produksi MBC seluruhnya dilakukan di studio. Kami terkagum-kagum dan sedikit norak melihat set yang dibuat sangat detail dengan properti menyerupai rumah sungguhan.

Pihak MBC menerangkan, saat mereka memproduksi banyak serial dalam waktu bersamaan, set bisa dibongkar pasang setiap hari, sesuai kebutuhan syuting, ckckckck…niat banget! Untungnya di sini kami sedikit leluasa bisa berfoto di set, karena sedang tidak ada syuting, hehehe. Ah, tapi masih nyesel enggak foto bareng EXO-K, deh!




Credit :tabloidbintang.com
Written: Rizki Adis Abeba
Share & Repost by TR@IniSajaMo