Tinjauan Ending Drama BIG

 
 
Banyak yang kecewa dengan ending dari drama BIG yang selesai penayangannya pada tanggal 25 Juli. Meskipun bersaing dengan program MBC Light and Shadow dan drama SBS The Chaser yang sukses menerima perhatian meski tanpa bintang besar, membuat drama Big hanya mampu berada pada rata-rata 10 persen, namun drama ini tetap menarik.Drama arahan sutradara Hog Sister ini meninggalkan pertanyaan -pertanyaan yang mengambang tentang akhir kisah drama ini.Bagi IniSajaMo, ending BIG sangat membahagiakan karena semuanya kembali ke tempatnya masing-masing .

Episode terakhir pada tanggal 25 Juli menunjukkan Lee Min Jung dan Gong Yoo, yang menyatakan cinta dan bersatu kembali setelah satu tahun. Gambar dari keduanya tersenyum satu sama lain, di bawah payung dan hujan, tampak segar dan indah seolah mengajak penonton untuk menghabiskan waktu bersama.
Ada beberapa pemirsa yang menyimpulkan episode terakhir sebagai akhir yang bahagia, namun ada juga yang kebingungan dengan alur dari perubahan jiwa dari cerita tersebut, karena tidak terungkap selama episode terakhir, memunculkan pertanyaan apakah pria yang berdiri di depan Gil Daran (Lee Min Jung) adalah Seo Yoon Jae (Gong Yoo) atau Kang Kyung Joon (Shin Won Ho).
Tapi yang menjadi petunjuk adalah jam tangan KKJ yang diperlihatkan dipakai ditangan Goon Yoo.
lalu kemanakah SYJ ?Apakah mereka bertukar  kembali? Dimanakah tubuh KKJ? Apakah Ma Ri berbohong bahwa mereka sudah bertukar ? begitu banyak pertanyaan yang muncul sehingga IniSajaMo mencoba menguraikannya melalui tulisan ockoala.

ockoala ini adalah blog yang menulis prediksi  drama-drama korea dan biasanya perkiraan mereka benar.Sejak awal ockoala telah meramalkan bahwa akhir drama BIG akan terjadi seperti yang telah ditayangkan.baca disini.

Kita mulai dari awal prediksi mereka yang IniSajaMo ambil terjemahannya dari blog http://myls-koreanlover.blogspot.com


Episode 1 drama ini memberi efek yang cukup menarik bagiku. Bahkan sampai sekarang aku masih mengulangi bagaimana pertemuan Da Ran dan Yoon Jae, dan bagaimana pertemuan Da Ran dan Kyung Joon. Menurutku itu bagian menariknya. Padahal ada peristiwa besar, yaitu kecelakaan yang menyebabkan pertukaran jiwa 2 tokoh utama drama ini. Pada akhir Episode 1, Da Ran menanyakan apakah pria itu Kyung Joon atau Yoon Jae. Dan di akhir episode 10 kita juga menemukan adegan yang mirip. Tentu itu Kyung Joon. Namun dengan perasaan Da Ran yang berbeda. Di Episode 1 dia berharap itu adalah Yoon Jae, namun di episode 10 Da Ran benar-benar berharap pria itu adalah Kyung Joon.


Teori pertukaran jiwa drama Big yang di buat ockoala beberapa waktu yang lalu sedikitnya benar. Namun kali ini ockoala membahas mengenai prediksi ending drama big, yang kemungkinan akan mirip dengan drama 49 Days.


49 Days lebih banyak bercerita mengenai bagaimana kita seharusnya menghargai hidup dan menikmati semua keajaiban dalam hidup ini. Sementara dalam drama BIg lebih ke bagaimana masa lalu seseorang sehingga membawa sebuah keajaiban dalam hidup. Bahkwa Kyung Joon yang dilahirkan untuk menyelamatkan orang lain, masuk ke dalam tubuh orang yang ia selamatkan. Dan yang di cari tahu dalam drama ini adalah masa lalu Kyung Joon.


Episode 9 dan Episode 10 drama Big sudah memberi gebrakan besar pada misteri drama ini yang hampir terpecahkan. Dan membuka pikiran bahwa kemungkinan akhir dalam drama ini akan menyakitkan. Ockoala berfikir ada kemungkinan ending drama big akan mengarah ke kematian Seo Yoon Jae sementara Kyung Joon akan kembali ke tubuhnya yang asli. Kenapa? Karena ini adalah titik awal pertukaran jiwa. Kenapa terjadi pertukaran jiwa dan apa alasan dibalik kejadian itu. Kemungkinan hal ini terjadi adalah sebuah 'kesempatan' bagi Kyung Joon.


Apa dasarnya? Bahwa kemungkinan Yoon Jae ternyata sakit. Lagi. Leukimia-nya kambuh. Itu kemungkinan adalah alasan utamanya ragu untuk menikah dengan Da Ran, mengapa ia seolah-olah menunda dan kenapa ia ingin kembali ke LA. Yoon Jae pergi ke LA untuk bertemu Kyung Joon lagi dan mungkin untuk meminta adiknya menyelamatkannya lagi. Mungkin iya mungkin tidak, ia hanya ingin membawa Kyung Joon untuk tinggal di rumahnya menggantikannya nantinya. Jadi membuat orang tuanya tidak kesepian saat ia meninggal nanti, karena Kyung Joon kan memang anak mereka juga. Jika Yoon JAe ke LA untuk menjemput Kyung Joon dan Yoon Jae tidak sakit lagi, itu tidak terlalu menyakinkan kenapa ia seolah-olah membuat Da Ran kesepian. Yoon Jae bukan penipu, seperti yang terlihat pada flashback dalam drama ini, betapa ia ternyata menyukai Da Ran pada pandangan pertama. Namun sedih juga melihatnya selalu membatalkan janji. Yoon Jae lebih terlihat tidak terlalu berkomitmen, dan sulit baginya mengatakan kebenaran yang menyakitkan pada Da Ran. Mungkin ia bermaksud lebih baik memberikan luka jangka pendek dengan pergi sebelum pernikahan, dari pada memberikan luka jangkan panjang, setelah menikah ia akan meninggal.


Kyung Joon dilahirkan untuk menyelamatkan hidup Yoon Jae, yang artinya Yoon Jae sudah mendapatkan keajaiban di usia 12 tahun, yang membuatnya hidup sampai saat ini. selama 18 tahun ia sudah hidup karena keajaiban. Hidup Yoon Jae adalah hadiah. Makanya ia bersikap baik, ramah dan menyelamatkan orang lain. Tapi pikiran ini lain, bahwa Yoon Jae seolah hidup dengan waktu yang dipinjamkan padanya, yang suatu saat akan diambil lagi. Jika ia memiliki penyakit lagi seperti yang disebutkan tadi, transplantasi mungkin bukan penyembuhan yang permanen. Ingat saat ibu Yoon Jae berkata pada Se Young : Selama Yoon Jae tidak sakit lagi, aku tidak akan pernah melihat anak itu (Kyung Joon) selamanya. Itu menunjukkan sesuatu bukan? Pasti ada sesuatu di balik itu.



Dalam drama 49 Days, kita memperoleh banyak pelajaran dari pertukaran jiwa Ji Hyun dan Yi Kyung. Bahwa hidup itu berharga. Jika di awal-awal episode kita melihat bagaimana Ji Hyun belajar tentang nilai kehidupan dan mencari jalan mengembalikan dirinya ke tubuhnya, akhirnya terpilihlah Yi Kyung. Dan pada akhirnya kita tahu mereka adalah saudara. Dan pada akhir-akhir episode, Ji Hyun malah ingin membawa Yi Kyung keluar dari depresi beratnya dan bersatu kebali dengan orang tuanya. Ketika Ji Hyun meninggal, Yi Kyung lah yang membawa senyuman kembali pada orang tuanya. Setidaknya orang tuanya tidak terlalu depresi setelah kematian Ji Hyun, karena mereka menemukan anak mereka yang lainnya. Dan semuanya berdasarkan fakta yang tidak berubah, bahwa Ji Hyun akan mati suatu hari nanti. Namun sebuah kecelakaan mempercepat kematiannya, sehingga ia memperoleh kesempatan kedua untuk hidup lagi. Namun meski begitu, hari kematian yang di jadwalkan tetaplah akan tiba, dimana ia memang akan mati suatu hari nanti. Sehingga ia akhirnya memanfaatkan waktu 49 harinya untuk melakukan apa yang perlu ia lakukan. Sungguh drama yang menyejukkan hati jika kita mengambil maknanya.


Dan dalam drama Big, pertukaran jiwa ini kelihatannya juga mempunyai tujuan yang sama, meskipun alasannya berbeda. Jika kita menerima kematian Yoon Jae, maka pertukaran jiwa ini terjadi untuk menyelamatkan Kyung Joon dan untuk mengambil tempat yang sah di keluarga Seo. Jika hal itu tidak terjadi, bukankah masih akan sangat lama bagi Kyung Joon untuk mengetahui kebenarannya. Kyung Joon adalah anak dari orang tua Yoon Jae, yang dikandung wanita lain, kemudian di buang. Sekarang ibu penggantinya sudah meninggal, Kyung Joon perlu belajar tentang orang tua aslinya ada disekitarnya dan juga bahwa ia masih memiliki keluarga. Pertukaran jiwa ini mengizinkan Kyung Joon mengetahui siapa ibunya dengan berada di tubuh Yoon Jae. Ini akan menjadi masalah jika ibu tidak peduli dengan Kyung Joon. Namun bagaimana pun ia sudah hidup bersama Kyung Joon selama setahun belakangan.


Jika Yoon Jae jadi menikah dengan Da Ran, mungkin ia akan kabur di altar nanti untuk menghindari Da Ran lebih terluka lagi. Tapi dengan pertukaran jiwa ini, secara perlahan Da Ran mulai jatuh cinta pada Kyung Joon dengan cara yang tak biasa. Mereka akan mendapatkan hubungan guru-murid dan perbedaan usia. Tapi aku rasa itu tak jadi masalah bagi orang tua Da Ran. Toh, ayah Da Ran dulunya juga guru dan ibu Da Ran adalah muridnya. Lalu mereka menikah dan bahagia. Tapi aku rasa Da Ran akan takut akan hal itu, terutama dengan ibunya. Tapi bagaimana pun Da Ran tidak berhasil menekan perasaannya pada Kyung Joon^^. Pada akhirnya Da Ran akan mencoba mencari tahu lagi siapa sebenarnya yang ada dalam hatinya, untuk siapa, meskipun ia pasti akan merasa bersalah pada Yoon Jae, tapi Kyung Joon lah yang ia cintai.


Ockoala mengatakan kalau drama ini akan berakhir dengan Kyung Joon yang ada dalam tubuh Yoon Jae. Karena itu tidak adil bagi Kyung Joon yang harus meghabiskan sisa hidupnya dalam tubuh Yoon Jae dan dikenal sebagai Yoon Jae selamanya.. Dan juga tidak berfikir kalau nantinya Kyung Joon akan menjadi doketr, meskipun ia nantinya akan menjadi dikter mungkin. Dokter adalah impian Yoon Jae ketika ia masih muda dan dengan pertukaran jiwa itu, maka Kyung Joon di persiapkan untuk menggantikannya. Baik pada orang tuanya, maupun untuk Da Ran.

Kyung Joon kemungkinan tidak bisa keluar dari tubuh Yoon Jae karena di dalam tubuh Yoon Jae ada bagian dari Kyung Joon sendiri, yaitu yang digunakan untuk donor. Sedangkan jiwa Yoon Jae dalam tubuh Kyung Joon tak bisa hidup karena ketidaksamaan elemen. Tubuh Kyung Joon tidak mengandung sesuatu dari Yoon Jae makanya tidak bisa bergerak. Padahal perawat mengatakan Kyung Joon baik-baik saja, sehingga mereka bingung kenapa ia tak bangun. Hong Sisters telah berusaha membuat sebuah cerita yang sangat kompleks, namun saling terhubung satu sama lain^^.


Big adalah drama tentang tumbuh dewasa, keajaiban dan pengorbanan. Kita melihat Kyung Joon begitu menyedihkan, bagaimana ia berkorban demi Da Ran. Kita juga melihat Da Ran yang sangat menyedihkan dan bagaimana pengorbanannya untuk Kyung Joon. Pasangan ini pada dasarnya berjalan bersama bahkan jika mereka belum percaya atau mengakui perasaan masing-masing. Jika ini adalah sebuah melodrama, maka Hong Sisters akan membuat Kyung Joon mati di akhir cerita, membuat hidupnya tetap dalam kegelapan, dimana ia dikandung untuk menyelamatkan Yoon Jae, pada akhirnya ia memberikan hidupnya sepenuhnya untuk menyelamatkan Yoon Jae lagi. Tapi karena ini adalah romance comedy, maka hal itu kemungkinan tak akan terjadi.
Dari semua drama Hong Sisters,  semua pasangan  Happy Ending^^).


Cukup yakin bahwa kali ini hidup Yoon Jae dipertaruhkan lagi dalam pertukaran jiwa ini yaitu untuk membuat Kyung Joon masuk ke tempat Yoon Jae, sebagai anak keluarga Seo yang sah dan sebagai orang yang Da Ran cintai. dan aku rasa ini bukan ketidak adilan terhadap Yoon Jae, karena jika bukan kyung Joon, Yoon Jae akan mati di usia 12 tahun. Big memang merupakan drama pengorbanan dan cinta, seperti bagaimana profesor Park Min Kyu katakan saat membaca buku Miracle itu. Kyung Joon dikorbankan untuk menyelamatkan Yoon Jae, lahir dan dibuang. Pertukaran jiwa ini merupakan pengorbanan Yoon Jae untuk Kyung Joon. Dan ketika mereka terbangun kembali di tubuh masing-masing, mereka akan belajar tentang kebenaran dan konsekuensinya.


Menurut ockoala, teori di atas merupakan jalan keluar yang paling mudah. akan sulit jika Kyung Joon dan Yoon Jae selamat. Jika Kyung Joon kembali menyelamatkan Yoon Jae, maka ia berfikir pasti Da Ran ingin Yoon Jae kembali. Tapi Da Ran pastinya ingin Yoon Jae hidup karena ia peduli, berbeda dengan orang ia cintai, karena sekarang ia menyukai Kyung Joon.  Yoon Jae akan mengalah saat tahu Da Ran menyukai adiknya.


Bahkan jika Yoon Jae hidup, ia pasti ingin adiknya dan wanita yang ia cintainya bahagia, dan ia akan keluar. Yoon Jae memang pria baik, orang kedua. bagaimana dengan Ma Ri ? Ma Ri memang akan menerima keputusan Kyung Joon


Itulah prediksi ockoala dan inilah kesimpulan akhir drama BIG yang ockoala buat.

Ini bukan akhir yang pahit bagi saya sama sekali. Itu adalah akhir yang bahagia, akhir yang indah yang benar-benar menunjukkan kepada kita bagaimana kisah cinta bisa membuat endingnya sendiri. Episode 16 menunjukkan kepada kita seberapa kuat cinta Da Ran dan Joon Kyung , bagaimana mereka tidak pernah goyah atau takut akan perpisahan yang akan datang dan kehilangan memori. Mereka menangis, mereka berjanji satu sama lain, dan kemudian mereka berani berjalan menuju masa depan mereka sendiri. Mereka berpegangan pada keyakinan dalam kekuatan cinta mereka. 
Da Ran tahu dia tidak akan melupakan Joon Kyung atau kehilangan cintanya. Kyung Joon tahu ia akan lupa pada Da Ran tetapi berdoa akan  suatu keajaiban bahwa hatinya akan bisa mengingatnya. Pada akhirnya, kita melihatnya demikian  , jadi bagaimana bisa akhir cerita ini menjadi pahit?


Jika memori pasca-beralihnya Kyung Joon tinggal di pra-kecelakaan, mengapa dia pergi mencari Guru Gil lagi? Mengapa ia mengenakan jam tangan dia memberinya? Mengapa ia mengikutinya turun dari bus saat dia membawa payung sendiri? Mengapa dia mengambil payungnya dan berjalan pergi? Mengapa dia menggunakan nada menggoda yang sama (oh-oh) ? Itu karena hatinya ingat dan ia ingin melihatnya. Dia mungkin tidak tahu persis mengapa, maka ada alasan bahwa ia ingin tahu tentang dia, tapi memang keajaiban sungguh terjadi. Hatinya ingat tapi pikirannya lupa, dan sisanya terserah ke Da Ran untuk membuatnya jatuh cinta padanya lagi. Siapa yang bisa meragukan dia akan melakukan hal itu.
 

Saya tahu urutan terakhir benar-benar membingungkan karena kamera tidak pernah menunjukkan kepada kita saat beralihnya Kyung Joon kembali ke wajahnya , tapi jelas terlihat itu adalah Gong Yoo di adegan itu. . Kalau itu wajah Shin Won Ho ,itu tidak mungkin karena dalam satu tahun bagaimana ia bisa mempercepat pertumbuhannya menyamai Goong Yoo .Tapi adegan terakhir ini tidak dimaksudkan untuk dipahami secara harfiah. Kita tahu bahwa drama tidak mengatakan Kyung Joon secara  ajaib tumbuh agar terlihat seperti Yoon Jae. Kamera tidak menunjukkan kepada kita wajahnya justru karena bukan itu intinya. Intinya adalah bahwa dalam satu tahun terakhir, Kyung Joon bertambah dewasa.
 

Jadi  Kyung Joon kembali ke Da Ran tidak persis  Kyung Joon yang diletakkan dalam keadaan koma selama setahun,  dia juga bukan Kyung Joon dalam tubuh Yoon Jae. Penggunaan tubuh Gong Yoo dan tangan untuk memainkan beberapa adegan lanjut untuk kenyamanan pemirsa dengan melihat Kyung Jae dengan Da Ran, tapi melindungi wajahnya untuk menegaskan bahwa Da Ran tidak akan bersama Yoon Jae di tubuh Kyung Joon. Dia akan mendapatkan kisah cintanya dengan Kyung Joon yang kini 21 tahun, sedikit lebih tua, lebih besar, dan misterius. Siapa dia? Apa yang dilakukannya di tahun lalu? Da Ran tersenyum padanya karena tidak masalah. Dia mungkin tidak terlihat seperti Yoon Jae, wajah yang dia lihat ketika ia jatuh cinta dengan dia, tapi di dalamnya masih jiwa yang sama.


 
Jadi pada akhirnya aku mungkin dapat membaca dari cerita dimaksudkan. Keajaibannya adalah tentang Kyung Joon menemukan keluarganya, keinginan dari ibu
penggantinya yang meninggal  menjadi kenyataan. Yoon Jae pergi, ia mendapatkan seorang saudara, kesempatan lain dalam hidup, dan kehilangan wanita yang mungkin dicintai. Kyung Joon dibesarkan, menyadari keluarganya dan memeliharanya, dan ia tumbuh baik dalam hidupnya. Da Ran tumbuh dalam  keyakinan, dan keberanian  melanggar harapan masyarakat dan menerima kecaman keluarga untuk memilih pria yang dicintainya. Melawan segala rintangan, bahkan dia mengetahui bahwa Kyun Joon tidak akan ingat, dia masih memilih jalan sulit dalam hidup. Saya mengakui drama ini bukan yang paling mudah untuk ditonton,  tapi akhirnya itu lebih dari cukup baik bagi saya. Saya suka Big karena drama ini membuat saya merasakan cinta.

Itulah kesimpulan akhir drama BIG yang ditulis oleh ockoala.Lengkapnya bisa dilihat disini






*  Dan menurut IniSajaMo,
Kyun Joon dan Yoon Jae kembali beralih jiwanya. Namun Yoon Jae meninggal karena penyakitnya dan Kyun Joon menerima kesempatan kedua hidup dan tinggal bersama keluarga nya yang sebenarnya. Ia hidup baik dan tumbuh dewasa dalam setahun. Dan ia kembali mencari Da Ran walaupun ia tidak ingat apapun tapi hatinya mengingat dan membawanya kembali pada Da Ran dengan tubuh yang sudah dewasa seperti Yoon Jae.

Tidak perlu ditanyakan mengapa Kyun Joo dalam setahun bisa menyamai tubuh Yoon Jae karena intinya adalah ia tumbuh dewasa ( anggap saja ibu memberi makan banyak atau kasih vitamin banyak2).Ini adalah cerita keajaiban , keajaiban kasih, keajaiban cinta,keajaiban yang memperlihatkan bahwa walaupun pikiran kita melupakan cinta tapi hati kita tidak akan pernah melupakan cinta, karena cinta akan membawa kita kembali kepada orang yang kita cintai...dan mencintai kita dengan tulus ..

 
Semoga uraian ini dapat membantu ..:)


Source : ockoala +myls-koreanlover.blogspot.com
Trans Ind By TR@IniSajaMo
DO NOT COPY !!!!!!!







Comments

  1. dikaih makan banyak ato vitamin banyak?????
    wkwkwkwk kesannya maksa banget tuh Min!

    ReplyDelete
  2. yaampun ending nya sulit dimengerti....sungguhh...hahaha...
    but kamsahamnida buat penjelasannya :)

    ReplyDelete
  3. sepertinya saya mengerti mengapa mreka menggunakan postur tubuh Gong Yoo diakhir cerita,
    ini bisa saja terjadi karena pada Episode 14, dikatakan bahwa Kang Kyeon Joon dan Seo Yoon Jae adalah saudara kembar. Bukankah yang namanya saudara kembar biasanya mereka memiliki kemiripan? mungkin di bagian terakhir itu, cerita ini ingin menegaskan bahwa mereka berdua adalah kembar sehingga memiliki postur tubuh yang hampir sama saat beranjak dewasa.
    itu si menurut pemikiran saya..hehehee :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maureen Monitan,terima kasih krn menurut saya penjelasan tambahan dari opini kamu membuat saya lebih bisa menerima ending dari drama korea Big ini, karena pada awalnya menurut saya endingnya memang happy ending namun mengecewakan karena bukan kang kyung joon dgn fisiknya yg saya lihat diending drama ini. Tapi dengan kata kunci "kembar tak identik" yg anda singgung membuat saya juga berpikir. Yg namanya kembar meski tak identik pasti masih memiliki sedikit kemiripan sehingga dgn memakai tubuh gong yoo membuat semua jd cukup logis bagi saya, itulah pendapat saya. Dan semua yg dijelaskan blog ini juga logis dan sesuai plot cerita Big.

      Delete
  4. Klo menurut aku, beda. Di eps keberapa itu diliatkan gambar miracle yg d pegang anak2 d rmh sakit itu robek. Dan mreka blg gimana kalo ga bs kembali. Jd intinya jiwa kyung joon dan yoon jae ga kembali lagi.jiwa kyung joon ttp hidup d tubuh yoon jae.

    ReplyDelete
  5. Kalau saya pikir2 ya banyak yg kecewa sama ending Big itu karena kenyataan pahit Yoon Jae yg tdk bisa bersatu dgn Gil Da Ran. Yg akhirnya Kang Kyung Joon lah yg Gil Da Ran Cintai. Ya meskipun selama proses mereka saling jatuh cintanya pake tubuh Yoon Jae. Yang saya salut dari drama Big adalah karakter saudara namun berbeda yg ditampikan Yoon Jae dan Kang Kyung Joon. Mereka punya karakter yg kuat pada peran msing2 jadi kerasa banget jiwa kyung joonnya di tubuh Yoon Jae apalagi itu yg membuat disetiap eps Big bikin ketawa haha. Ya sdh menjadi takdir juga ya bagi Yoon Jae yg tdk bisa bersatu dgn Gil Da Ran dgn kecelakaan itu. Coba kalau bukan kecelakaan yg ditampilkan? pasti lebih sakit untuk Yoon Jae mencampakkan Gil Da Ran. Terimakasih jg kepada Inisajamostory yg telah memaparkan penjelasan tentang Akhir dari drama Big. Yg saya rasa juga sudah menjadi Ending yg terbaik!

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima Kasih sudah memberikan komentar dihalaman IniSajaMo