Geurim

 

Geurim adalah kelompok musik yang terdiri atas musisi muda dan bergiat di dunia musik Gukak fusi mulai pada tahun 2000-an. Kelompok itu menarik perhatian generasi muda pada musik tradisional dengan lagu 'Gilnori'.


Geurim ini dibentuk pada Januari tahun 2001 dengan disarankan oleh Shin Chang-Ryeol, seorang pemain alat perkusi dan komposer. Teman sekelasnya di Sekolah Tinggi Gugak Nasional termasuk pemain Geomungo, Park Chan-yun, pemain Gayageum, Jeong Hye-sim, pemain Haegeum, Kim Ju-ri setuju dengan saran Shin Chang-Ryeol itu, lalu beberapa musisi lain juga bergabung dengannya dalam pembentukan grup Geurim. Akan tetapi, perjalanan musik mereka tidak begitu lancar.

Pada awalnya, para anggota kelompok itu terkejut setelah melihat not musik 'Gilnori' yang disusun oleh Shin Chang-Ryeol. Karangan itu bisa dianggap musik fusi yang biasa dalam mata orang masa sekarang ini, tapi gaya musik itu terasa asing dan merupakan satu percobaan baru bagi mereka yang hanya akrab dengan musik tradisional. Karena, mereka belum mengenalnya dan tidak sempat belajar cara untuk memainkan musik baru itu, sehingga permainan instrumen musik tidak bisa harmonis pada awalnya. Malah, guru-guru mereka mengecam usaha baru mereka hanya membuang-buang waktu. Namun demikian, albumnya yang dirilis dalam kesulitan itu menarik perhatian masyarakat. Grup Geurim memilih tempat dimana kaum muda suka berkumpul sebagai tempat pertunjukannya, bukan gedung konser khusus untuk musik tradisional. Dan sekarang, mereka muncul sebagai gunung yang harus diatasi oleh musisi Gugak generasi berikutnya.

Nama resmi kelompok Geurim berasal dari kata majemuk dari sebuah artikel bahasa Inggris 'the' dan karakter Cina berbunyi 'rim' yang berarti 'hutan.' Dengan menggabungkan makna dan suara dari kedua kata tersebut, kelompok musik itu disebut 'Geurim.' Singkatnya, nama harfiah Geurim itu berarti 'The Woods atau Hutan.' Di dalam hutan musik tradisional yang luas, musisi muda Gugak itu menciptakan lapangan musik baru yang mengandung emosi generasi muda saat ini dan juga memperluas bidang masing-masing anggotanya.


Source :kbsworld/IniSajaMo

Comments