Perintis Pembelajaran Praktis, Yi Su-gwang

 

Menerbitkan Kamus Ensiklopedia Pertama Di Joseon

Kamus ensiklopedia mengandung segala pengetahuan terkait dengan kegiatan manusia, ilmu pengetahuan, alam, dll. Kalau begitu, kapan kamus ensiklopedia dibuat untuk pertama kali? Di dunia Barat, Naturalis Historiae yang diterbitkan oleh Pliny di era Roma dianggap sebagai asal mulanya ensklopedia. Namun di Korea, 'Jibongyuseol' yang diterbitkan pada tahun 1614 adalah ensiklopedia pertama.


Jibongyuseol yang terdiri dari 20 buah buku memperkenalkan benda-benda utama baik di dalam maupun di luar negeri yang meliputi Vietnam, Thailand, Malaysia, Prancis, Inggris, dll., sehingga buku tersebut dievaluasi sebagai buku yang melebarkan pandangan rakyat. Penerbit ensiklopedia tersebut tiada lain adalah Yi Su-gwang yang memiliki nama pena, Jibong.


Menjalankan Proses Yang Tepat Sebagai Elite

Yi Su-gwang lahir pada tahun 1563 sebagai putra dari Menteri Pertahanan Yi Hui-geom. Walaupun dia lahir di rumah tangga yang ternama, dia mengibarkan namanya lewat kemampuan sendiri. Setelah lulus ujian nasional pada usia 23 tahun, dia berhasil naik jabatan utama di dalam lembaga pemerintah seperti lembaga yang menangani dokumen diplomat, institut pendidikan tertinggi Seonggyungwan, lembaga yang menangani media massa Saganwon, dll. Saat dia berusia 28 tahun, dia menjadi pejabat yang menulis perintah dari raja.

Selain itu, Yi Su-gwang pernah dikirim ke kerajaan Ming sebagai utusan sebanyak 3 kali, dan sama sekali tidak dipengaruhi oleh pertikaian politik. Walaupun keadaan negara sangat kacau balau akibat invasi suku Manchu ke Korea, konflik politik di bawah Gwanghaegun, dll., Yi Su-gwang diperingati oleh masyarakat Korea pada saat ini sebagai cendekiawan, bukan pejabat pemerintah. 


Cendekiawan Yang Membuka Ufuk Baru

Pada tahun 1613, yaitu rezim ke-5 Gwanghaegun, keadaan negara sangat kacau balau, sehingga Yi Su-gwang mundur dari jabatannya. 1 tahun kemudian, yaitu pada tahun 1614, dia membuat Jibongyuseol.

Jibongyuseol yang disempurnakan saat Yi Su-gwang berusia 52 tahun mengandung segala pengetahuan dengan 33 bagian, 184 sub-bagian dan 3.435 item. Buku tersebut mengandung berbagai pengetahuan dan informasi mengenai angkasa luar, alam, geografi di dunia, budaya Barat, agama Katolik, bahasa, budaya makanan, kebiasaan sosial, dll. seiring dengan pandangan pribadinya, sehingga terdapat banyak tulisan yang dapat memahami keadaan sosial di era Joseon.

Selain itu, terdapat banyak tulisan mengenai budaya Barat. Sebenarnya, Yi Su-gwang membawa buku yang dibuat oleh Matteo Ricci saat dia ke kerajaan Ming, sehingga memperkenalkan agama Katolik dan budaya Barat ke Joseon.




Membuka Era Pembalajaran Praktis

Yi Su-gwang yang menerbitkan ensiklopedia budaya kembali naik jabatan sejak absen selama 4 tahun di Suncheon, Jella Selatan. Setelah itu, dia menduduki jabatan pemerintah dan meninggal dunia dalam usia 66 tahun pada tahun 1628. Demikianlah, Yi Su-gwang menyelesaikan kehidupannya sebagai perintis di bidang pembelajaran praktis, namun setelah itu Joseon memasuki era pembelajaran praktis yang mencari ilmu dalam kehidupan nyata.


Source : kbsworld/IniSajaMo

Comments