( Musik Korea) Vinalog

 


Bagi seniman, hal yang baru bukanlah suatu pilihan, melainkan nasib yang harus mereka terima. Meneruskan tradisi juga dapat dibenarkan jika mengakui perubahan zaman dan mengungkapkan individu-individu, bukan hanya begitu mengikuti hal yang lama saja. Oleh sebab itu, penyanyi Sori di masa lalu memperingatkan untuk tidak hanya meniru lagu-lagu orang lain. Meniru Sori orang lain itu sering dijuluki sebagai 'Sori fotografi.'


Mereka yang telah memutuskan untuk membuat musik yang dapat dinikmati bersama dengan masyarakat modern dimana serba cepat berubah berdasarkan tradisi harus merasa lebih bertanggung jawab untuk menghasilkan lagu-lagu kreatif. Maka, mereka harus belajar terus-menerus dan selalu berupaya untuk mencoba hal yang baru. Beberapa musisi tradisional yang memimpin tren seperti itu membentuk satu grup musik sedunia yang bernama 'Vinalog'. 

Vinalog itu memiliki makna bahwa menginginkan suara yang memberikan perasaan kaya dan hangat. Kelompok ini dibentuk oleh empat musisi muda pada tahun 2003. Para anggotanya adalah Jang Jae-hyo yang bertanggung jawab atas perkusi dan lagu, Lee Yeong-seop menangani alat musik tiup tradisional, Daegeum, Sogeum dan Danso, Yang Seung-hwan) mengambil alih komposisi dan piano, dan Lee sang-jin bermain gitar. Dengan melodi dan ritme sensual, musik Vinalog menarik respon positif dari pendengar muda. Mereka telah dinilai mengembangkan sebuah model untuk dunia musik Korea dan karya musik mereka terpilih juga sebagai karya pertunjukan dalam Pasar Seni Seoul pada tahun 2007. Disamping itu, kelompok musik Vinalog itu memiliki kesempatan untuk menampilkan diri pada acara silaturahmi Tahun Baru di istana kepresidenan Korea, Cheong Wa Dae untuk pertama kalinya sebagai kelompok musik Gugak fusi.

Akan tetapi, kelompok musik itu terpaksa berhenti melakukan kegiatan musik mereka untuk sementara, karena kedua anggota, Lee Yeong-seop dan Yang Seung-hwan pergi ke New York untuk melanjutkan studi musik dan melakukan kegiatannya di luar negeri. Kini, anggota Vinalog bergabung kembali dan melakukan kegiatan musik yang dipimpin oleh Lee Yeong-seop dan Yang Seung-hwan.

Melalui kolaborasi dengan band-band indie, Vinalog baru menampilkan berbagai jenis musik baru. Beberapa saat lalu, kelompok musik Vinalog ini memenangkan hadiah terunggul pada bagian kelompok Gugak fusi di Festival Sori Internasional Jeonju yang diselenggarakan di daerah Jeonju. Prestasi mereka membuktikan bahwa jalan yang telah mereka tempuh tidak sia-sia dan grup itu menuju arah benar.

 Mudah-mudahan kegiatan musik Vinalog yang terus mengembangkan bidangnya dengan bercita-cita maju ke panggung global itu memberikan harapan bagi musik tradisional Korea.



Source :kbsworld/IniSajaMo

Comments