Strategi pemasaran baru melalui You Tube

 


Kalangan perusahaan Korea Selatan sedang memperhatikan dampak kegiatan pemasaran menakjubkan melalui You Tube setelah mereka menyaksikan booming popularitas penyanyi Korea PSY melalui video “Gangnam Style.”

Sensasi K-pop dimulai dari You Tube yang tersebarluas ke seluruh dunia dengan kecepatan luar biasa, seperti penyebarluasan virus. Untuk itu, kalangan perusahaan Korea menyebut cara pemasaran melalui You Tube demikian sebagai ‘Viral Marketing’ atau pemasaran virus.


Sehingga, perusahaan Korea sekarang memperhatikan You Tube dan situs penyajian video lain untuk memberitahukan produk mereka ke seluruh dunia.

Misalnya, perusahan elektonik LG memposting sebuah video berjudul, “So Real, It’s Scary,” di You Tube, dan pihak perusahaan berhasil memperoleh lebih 13 klikan untuk menonton video tersebut. Video itu menunjukkan sebuah elevator.

Lantai elivator itu adalah sebenarnya layar monitor perusahaan LG. Pada saat penumpang naik ke elevator tersebut, lantai mulai memperlihatkan gambar terjatuh ke arah bawah, sehingga penumpang itu terkejut dan lompat dari lantai, karena dia merasakan lantainya terjatuh ke bawah secara mendadak.

Melalui video itu, pihak LG ingin memperlihatkan mutu layar monitor mereka yang beresolusi tinggi sejauh mana penumpang elevator terkejut saat melihat lantai itu yang sebenarnya adalah sebuah layar monitor.

 Tujuan LG seperti itu telah sukses, karena banyak orang mulai menaruh perhatian pada monitor bermutu tinggi LG. Untuk itu, video You Tube ini mendapat dampak lebih besar daripada iklan melalui televisi.

Viral marketing seperti ini tidak terbatas dengan waktu, konten atau biaya iklan, tetapi dampaknya terbukti sangat efektif. Perusahaan Korea yang setia mengejar tren terbaru itu sedang melakukan ekspreimen tentang potensi alat pemasaran baru itu.


Source :kbsworld/IniSajaMo

Comments