Yu Ji-suk , warisan budaya non-bendawi yang penting No. 29

 


Keadaan Korea yang terbagi dua negara tidak hanya terbatas pada masalah ideologi atau masalah teritorial, karena menjadi luka besar dalam semangat nasional serta aspek budaya negara. Sebagian warisan budaya non-bendawi dari Korea Utara telah diwariskan berkat upaya dari beberapa orang yang membelot ke Korea Selatan selama Perang Korea.

Tapi tidak banyak yang dapat ditemukan pada masa sekarang ini. Terlebih lagi, sebagian besar pembelot Korea Utara sudah meninggal dunia jadi jarang ada orang-orang yang dapat menikmati warisan budaya Korea Utara dengan pemahaman mendalam tentang makna dan isinya.


Penyanyi master Yu Ji-suk adalah asisten pelatihan Sori Seodo yang merupakan warisan budaya non-bendawi yang penting No. 29. Sori Seodo adalah lagu rakyat yang dinyanyikan di daerah Provinsi Hwanghae dan Pyeongan. Di Korea Selatan, nyanyian Sori itu diteruskan oleh penyanyi master Kim Jeong-yeon dan Oh Bok-nyeo, tapi di Provinsi Hwanghae dan Pyeongan tempat asalnya nyanyian itu sudah hampir terlupakan.

Penyanyi master Yu Ji-suk lahir di Yangsa-myeon, Ganghwad pada tahun 1963. Daerah Ganghwado itu terletak di seberang lautan dari Provinsi Hwanghae. Dari masa lalu, laut barat telah dikenal sebagai tempat menangkap ikan samge. Sebelum garis demarkasi dipasang antara kedua Korea, nelayan dari daerah Ganghwado dan Hwanghae pasti berinteraksi satu sama lain di laut itu sambil menangkap ikan. Itulah sebabnya, kebanyakan penduduk desa di wilayah itu mampu bernyanyi Sori Seodo. Terutama, ayah dan paman-paman Yu Ji-suk adalah penyanyi Sori dan penari. Sehingga penyanyi master Yu-Ji-suk menjadi akrab dengan Sori sejak usia kecil. Seketika teman-temannya terpesona dengan lagu-lagu pop, dia suka menyanyi Sori Seodo.

Pada awal 20-an tahun waktu bekerja di kantor, dia berminat belajar bernyanyi Sori. Di institut Sori yang dikunjunginya, dia menemui penyanyi master Oh Bok-nyeo sebagai gurunya dan mempelajari Sori dengan benar. Pada akhir 20-an tahun, dia berhenti bekerja, lalu memulai karir sebagai seorang penyanyi Sori.

Selain meneruskan Sori yang dipelajari dari gurunya Oh Bok-nyeo, penyanyi master Yu Ji-suk melakukan upaya luar biasa untuk memperkenalkan berbagai kebudayaan Korea Utara kepada masyarakat dengan mudah dan menarik. Rasa tanggung jawab sebagai penyanyi Sori untuk memperkenalkan nyanyian Sori itu membuat aktivitas-aktivitasnya tersebut lebih menonjol.



Source : kbsworld/IniSajaMo





Comments