Suwon Hwaseong Museum, Mengabdikan Sejarah dan Budaya Kota


 


Mempelajari bagaimana keunikan kota Suwon adalah salah satu kegiatan yang menarik. Sebagai satu-satunya kota yang dikelilingi benteng, Suwon tidak bisa dipisahkan dengan keberadaan benteng Hwaseong dan istana Haenggung yang semuanya terekam dengan apik di Suwon Hwaseong Museum.

Museum ini memiliki dua ruang pameran tetap yakni exhibition hall on construction of fortress dan cultural center. Ruangan yang pertama akan memperlihatkan kepada kita bagaimana proses kontruksi dari benteng Hwaseong serta pengembangan kota Suwon. Sedangkan ruangan yang kedua menggambarkan berbagai peristiwa sejarah yang berkaitan dengan dengan benteng Hwaseong. Seperti misalnya kunjungan Raja Jeongjo selama 8 hari pada tahun 1795.



 

 Salah satu bagian dari museum yang sangat disukai oleh anak-anak adalah children experience center, dimana kita bisa belajar cara pengukuran kuno dan mencoba kostum istana. Kita juga bisa melihat tandu yang biasa digunakan oleh Ratu Hyeggyeonggung saat berjalan-jalan.
Ruangan lainnya di museum ini juga dirancang untuk menggelar berbagai pameran yang terjadwal. Seperti misalnya pameran mahkota dari Pangeran Sado.

Tidak hanya menggelar pameran di dalam ruangan. Kita juga bisa melihat pameran outdoor yang tak kalah menarik. Di halaman luar ini diperlihatkan beberapa mesin yang digunakan dalam pembangunan benteng Hwaseong yakni geojunggi dan nokro. Uniknya, disini juga terdapat taeshil yakni tempat yang berisi tali pusat dan plasenta para keturunan kerajaan. Taeshil awalnya terletak di Gyejoksan dan  didirikan pada tahun 1753. Relik terakhir yang bisa kita lihat di ruang pameran outdoor adalah monumen yang didirikan dalam rangka memperingati tata kelola yang baik dari kepala unit daerah. Awalnya monumen ini tersebar di seluruh Suwon namun kemudian dikumpulkan bersama-sama.

 

Jika tertarik untuk mengunjungi di Suwon Hwaseong Museum, Anda bisa datang sejak pukul 9 pagi hingga 6 malam. Tiket masuk museum seharga 2000 Won untuk pengunjung dewasa, 1000 Won untuk remaja dan gratis untuk pengunjung anak-anak.

Untuk mencapai lokasi ini Anda bisa naik subway line 2 menuju Jamsil Station dan keluar melalui pintu exit 6. Sesampainya disana, naiklah bus nomor 1007 menuju Suwon Hwaseong Museum. Alternatif lainnya adalah dengan naikl subway line 1 menuju Suwon Station. Keluar dari pintu exit 7 lanjutkan perjalanan Anda menuju museum dengan naik bus nomor 77-1, 1, 7, 7-2, 60, 660 atau 700-2.

 

Selama berlibur di Suwon, Anda bisa mengunjungi destinasi wisata yang lain yakni istana Haenggung, pintu gerbang Bald al-mundan Jangan-mun serta  benteng Hwaseong.





http://korea.panduanwisata.com/berita-wisata/suwon-hwaseong-museum-mengabdikan-sejarah-dan-budaya-kota/

Comments