[K-Pop Story] Kwak Yong Geun, Sang Koreografer TVXQ, Super Junior, Big Bang, dan Artis K-Pop Lainnya

 
 
Kwak Yong Geun, seorang koreografer terkenal di Korea Selatan. Dia adalah CEO perusahaan dance entertainment no.1 di Korea yaitu The Dance. 'The Dance' ini menjadi trainer untuk para trainee Galaxy Superstar 2 bersama Forever Dance Crew dari Indonesia ^^

Awal Karir

Memulai dari salah satu stasiun TV terkenal di Korea, MBC, dia bekerja pertama kalinya. Kemudian, dia membuat perusahaan sendiri, yaitu The Dance. Sampai saat ini The Dance sudah berjalan selama 15 tahun. Awalnya dia belajar dari Amerika lalu pelajaran yang didapatnya dibawa ke Korea dan ternyata cocok. Itulah awal munculnya K-pop.

Dia sudah sangat berpengalaman dan dia bilang di Korea itu ada sistemnya. Untuk setiap iklan, film, akting yang terdapat tariannya pasti ada dance director dan dialah yang sering menjadi dance director tersebut.

The Dance, Trainee, Dance Academy di Indonesia

Kwak Yong Geun berkata, "Banyak trainee The Dance yang datang dari Cina dan Jepang. Mereka semua ingin menjadi bintang Asia karena menyukai K-pop makanya mereka datang ke Korea. Sudah banyak juga yang debut. Banyak agensi-agensi menitipkan trainee-nya pada The Dance untuk dijadikan penyanyi dan aktor/aktris."

Kwak Yong Geun ini paling suka mengajari anak-anak. Beliau berkata, "Senang banget ajarin anak-anak contohnya G-Dragon. Sedari kecil saya sudah tahu bahwa dia akan jadi bintang. Dulu kecilnya dia itu main-main terus namun sekarang gara-gara GD konsep K-pop jadi berubah."

"Semua trainee bisa jadi bintang.Pertama datang, lihat trus dapat kesempatan." Ucap Kwak Yong Geun. Dia juga sangat senang bisa menciptakan bintang Asia. Bintang-bintang K-pop yang kalian ketahui itu semuanya berada dibawah asuhan The Dance. Jadi, Indonesia sangat beruntung bisa dilatih oleh The Dance ^^

Berbicara tentang dance academy atau akademi menari, ada trainer dari Forever Dance Crew, yaitu Monica yang ingin membuat dance academy. Nah, Kwak Yong Geun juga setuju akan hal itu. Dia bilang semuanya masih dalam proses ^^ (Kita tunggu ya akademi The Dance ala Indonesia ^^)

Keluarga, Indonesia, S4, S.O.S, dan Big Bang

Di keluarganya Kwak Yong Geun, tidak terlalu banyak yang menjadi koreografer seperti dia. Oh ya, mr. Kwak Yong Geun ini belum menikah loh :D dia juga suka sama wanita Indonesia! Mungkin mau cari calon istri orang Indonesia kali ya :p

Karena jadwalnya di Indonesia sangat padat, dia tidak bisa pergi kemana-mana, "Cuma lihat mobil aja. Sibuk meeting jadi ga bisa jalan-jalan. Nanti mau datang lagi untuk lihat trainee Galaxy Superstar 2 lalu membuat koreo untuk penyanyi Indonesia karena sudah banyak penyanyi Indonesia yang minta dibuatkan koreo."

Sepertinya hampir semua orang Korea yang datang ke Indonesia pasti suka makan Nasi Goreng. Kwak Yong Geun pun suka Nasi Goreng ^^ Dia juga senang berada di Indonesia karena orang Korea itu terlalu serius tapi di Indonesia bisa tertawa :D

Ditanya soal penyanyi favorit di Indonesia dan Korea, dia menjawab, "Saya suka S4 dan S.O.S karena hampir sama dengan K-pop. Untuk Korea, sudah pasti saya suka Big Bang."

All about The Dance & basic dance

The Dance adalah perusahaan yang sering diminta untuk membuat koreo. Di Indonesia kan tidak ada yang seperti itu, ya? Menurut dia, tidak semua orang suka boyband dan girlband. Kalo ditampilkan di iklan maka semua orang bisa suka.

Di Korea, koreo itu harus yang paling gampang dihapal. Jadi bisa disukai dan diikuti oleh semua orang. Itulah salah satu alasan K-pop bisa terkenal. Meskipun begitu, membuat koreo untuk sebuah iklan itulah yang paling sulit, contohnya iklan Samsung Galaxy S3 "Win the Day" yang melibatkan 9 grup idola (2PM, B1A4, SISTAR, miss A, 4minute, MBLAQ, ZE:A, Dal Shabet, dan Nine Muses)

Kwak Yong Geun pun berpendapat soal trainee Galaxy Superstar 2, "Hampir semuanya hapal koreo karena melihat di YouTube. Mereka hanya hapal gerakannya saja tapi gerakan tangannya salah. Pakai kaki juga kurang. Hanya hapal saja. Keliatannya tidak ada power."

Dia menambahkan, "Saat menari itu harus fokus dan tidak boleh melihat yang lain. Harus liat cermin. Yang tidak fokus itu salah."

Kwak Yong Geun berkata ada dua tahap dalam dance. Yang pertama adalah step by step. Itu merupakan basic atau dasar. Yang kedua adalah ketika sudah jago dance-nya, bisa membuat koreo sendiri. Saat ini di Korea cara seperti itu sedang tren loh ^^

FYI, saat kalian menjadi trainee di Korea, selama 3 bulan pertama kalian dilatih tangan dan kaki supaya lurus. Setelah melewati 3 bulan tersebut, barulah kalian bisa dianggap lulus latihan dasar. Inilah alasannya kenapa semua member dalam satu grup bisa menari dengan kompak ^^

"Penyanyi professional itu harus serius!"

more info about The Dance,
Website: www.thedance.co.kr
YouTube channel: thedaejang

(ara/foto:hasby)
rpost  : lovelytoday.com

Comments