Kipas (alat musik korea)

 Kipas


Walaupun AC dan kipas elektronik banyak digunakan pada era ini, kipas tidak boleh dikecualikan dalam kehidupan sehari-hari bangsa Korea pada musim panas ini sejak dahulu. Penampilan nenek atau kakek yang berkipas dengan duduk di bawah pohon terasa damai. Nenek-nenek menjauhkan lalat atau nyamuk dengan menggunakan kipas saat bayi tertidur, dan ibu yang berdarah panas menunjukkan kemarahannya dengan berkipas secara cepat. 


Nah, leluhur Korea berpikir bahwa kipas memiliki 8 jenis kebaikan, yaitu menghalangi sinar mentari, meniupkan angin segar, menghilangkan kelembaban, dijadikan sebagai tempat duduk, mudah dibuat, harganya murah, terhindar dari hujan, dan menutupi tutupan tempayan. Memang, sesuai dengan perubahan gaya kehidupan, 8 jenis kebaikan tersebut juga sedikit berubah. Namun, mengalami perubahaan berarti tetap menjaga jiwanya.

Musim panas pada tahun lalu terasa lebih panas, maka katanya AC sangat laris mulai pada musim semi tahun ini. Selain itu, jumlah penjualan kipas juga meningkat lebih 3 kali lipat dibandingkan dengan tahun lalu. Kipas bermanfaat untuk menghemat tenaga listrik, dan nyaman untuk dibawa, sehingga banyak kalangan muda menganggap kipas sebagai aksesori busana.

Dalam musik tradisional Korea, ada jenis yang tidak mampu disajikan tanpa kipas, yaitu pementasan Pansori. Biasanya, waktu pementasan Pansori berlangsung selama lebih 10 menit, dan juga ada Pansori yang berlangsung selama 5 atau 6 jam. Alat musik yang digunakan di dalam Pansori adalah sebuah gendang saja. Menyajikan Pansori selama berjam-jam dengan sendiri di atas panggung yang hanya didampingi oleh seorang penabuh gendang terasa susah, sehingga sangat memerlukan sesuatu yang spiritual. Itu tiada lain adalah kipas. Sewaktu merasa susah menyajikan Pansori, penyanyi kadang-kadang memegang kipas dengan kencang. Kipas itu berperan sebagai alat yang berkaitan dengan kisah Pansori, dan penyanyi juga boleh berkipas saat merasa panas.

Pada awalnya, kami telah menyebutkan 8 jenis kebaikan dari kipas. Pada dasarnya, kegunaan kipas lebih bervariasi dan jenisnya cukup banyak. Khususnya, kipas dinamakan ‘Paldeokseon’ adalah kipas yang digunakan oleh rakyat jelata, karena dibuat dengan batang rumput. Selain itu, kipas yang biasa digunakan di dalam Pansori dinamakan ‘Hapjukseon’ mudah dilipat dan dibuka. Ada kipas yang dibuat dengan sutera bukan kertas, dan juga ada kipas yang digunakan untuk mencegah kedinginan pada musim gugur dengan menutupi wajah. Kipas yang digunakan oleh pengantin pria untuk menutupi wajahnya saat dia mengantar pengantin wanita dengan naik kuda dinamakan 'Nanseon', dan kipas yang digunakan oleh kalangan atas Yangban saat mereka memakai pakaian berkabung dinamakan 'Sangseon'. 

Demikianlah, ada banyak jenis dan kegunaan dari kipas, namun demikian, fungsi utama dari kipas adalah menimbulkan angin. Nah, kepanasan tetap lama berlanjut di Korea Selatan, maka sebaiknya kalau menjaga kesehatan dan keelokan dengan menggunakan kipas.



Source:kbs

Comments