Alasan Mengapa Hanbok Disukai Wisatawan




Dibandingkan dengan kimono (Jepang) dan cheongsam (Cina), pakaian tradisional Korea, hanbok tidak cukup populer. Tapi itu cerita lalu, kini hanbok menjadi tren  baru di dunia fashion karena beberapa alas an. Mau tahu lebih banyak tentang hanbok ?

1. Dibuat untuk dipakai




Jika kimono kebanyakan berkonsep off-the-rack (dibuat dengan ukuran standar) berbeda dengan hanbok. Setiap hanbok disesuaikan dengan tubuh si pemakai. Untuk hanbok perempuan, terdiri dari dua bagian utama yakni chima dan jeogori. Chima adalah sebutan untuk rok panjang yang dilengkapi dengan underwear (pakaian dalam). Sedangkan jeogori adalah atasan lengan panjang dengan dua tali yang dikaitkan, letaknya ada di bagian depan. Saat memakai hanbok perempuan Korea juga dilengkapi dengan binyeo (tusuk rambut) dan alas kaki. Sedangkan untuk pria, hanbok yang dipakai jauh lebih sederhana dan simpel. Variasinya hanya terbatas pada mantelnya saja, sedangkan jeogori dan celananya relatif seragam. Para lelaki juga bisa menambahkan topi sebagai asesoris serta rompi.

2. Warna Hanbok



Warna pada hanbok mengandung arti khusus. Seorang desainer atau pemakai hanbok harus mengetahui warna yang direkomendasikan atau lazim dipakai pada setiap kesempatan. Pada masa lalu – era kerajaan- warna mengandung arti kelas atau status dan hari pemakaian. Kini, warna hanbok tak lagi merefleksikan status namun lebih pada kesempatan apa hanbok dipakai. Misalnya pernikahan, pemakaman, ulang tahun atau pertemuan keluarga besar. Namun begitu ada beberapa aturan umum mengenai warna hanbok yang seharusnya dipakai. Misalnya warna pink dipakai oleh anak-anak. Orang dewasa jarang sekali memakai warna itu kecuali pada acara pertunangan.  Warna-warna alami dan tidak terlalu mencolok lebih banyak dipilih saat musim panas, sedangkan warna mencolok digunakan saat musim dingin. Hanbok juga sering sekali digunakan pada acara pernikahan.

3. Pakaian Khusus



Kendati hanbok sudah semakin populer namun tetap saja pakaian ini hanya digunakan pada acara-acara khusus. Pernikahan adalah acara paling umum yang memungkinkan setiap orang memakai hanbok.
Nah, apakah Anda tertarik untuk membeli hanbok sekaligus sebagai suvenir liburan di Korea ? Anda bisa membelinya di beberapa butik di Sinsa-dong, Gangnam. Tidak hanya itu, Dongdaemun Shopping Complex juga menjual hanbok berbagai warna dan model. Dongdaemun bisa Anda capai dengan naik Seoul subway line 1 atau 4 menuju Dongdaemun Station dan keluar melalui pintu exit 8 atau 9.
Selama berada berbelanja di Dongdaemun Anda bisa menginap di Hoegi Coop Residence, Vision Hotel dan New Boolim Hotel.

4. Dapat Disesuaikan dengan Zaman



Hanbok memang merupakan pakaian tradisional Korea Selatan dimana awalnya sering dipakai hanya untuk acara khusus seperti pernikahan atau acara keagamaan. Dahulunya Hanbok memiliki bentuk yang standar tanpa ada banyak perbedaan selain warna. Saat ini Hanbok khususnya Hanbok untuk wanita sudah berkembang menjadi pakaian yang lebih modern yang dibentuk seperti halnya gaun untuk pesta. Banyak artis Korea Selatan yang menggunakan gaun dengan bentuk Hanbok modern.


Source :https://www.facebook.com/notes/korea-tourism-organization-indonesia/alasan-mengapa-hanbok-disukai-wisatawan/660815827272632

Comments