Jun.K 2PM Sindir 'Bisnis' Manipulasi Chart K-Pop?


 

Salah satu member 2PM, Jun.K, baru saja menulis tweet di Twitter yang membuat banyak orang penasaran. Penyanyi kelahiran Daegu ini menulis tentang "Sajaegi" dalam tweet tersebut. "Sajaegi? #EVERYBODYKNOWS," tulisnya.

Tidak lama kemudian dia menghapus tweet tersebut. Namun sayangnya, screenshot tweet Jun.K itu sudah terlanjur menjadi viral dan membuat banyak orang penasaran dengan apa maksudnya menulis tweet seperti itu.

Sekedar informasi, sajaegi adalah metode manipulasi chart musik digital. Beberapa artis K-Pop dan agensinya bahkan ada yang dituding menggunakan metode ini untuk memanipulasi chart "all-kills" (perolehan skor sempurna, biasanya untuk single baru).

Dalam sajaegi, broker dibayar oleh agensi untuk menggunakan lebih dari satu akun untuk menipu jumlah total penjualan album dan single untuk mendongkrak popularitas si artis.

Banyak yang menyimpulkan sementara bahwa tweet itu ditulis Jun.K berkaitan dengan persaingan album keempat 2PM, "Go Crazy", dengan rival lainnya yang (kemungkinan) berjalan tidak sehat.
 
 
 
 

Comments