Shinhwa Menangkan Gugatan Atas Hak Milik Nama



Kabar baik datang dari grup legendaris, Shinhwa. Setelah bertahun-tahun, Shinhwa akhirnya memenangkan gugatan atas kepemilikan nama Shinhwa.

Rabu (27/5), pengadilan memenangkan gugatan dan mengijinkan ShinCom Entertainment, agensi yang didirikan sendiri oleh Shin Hye Sung cs, untuk memakai kembali nama Shinhwa. Hal ini disambut bahagia oleh grup yang sudah berusia 17 tahun itu.

"Kami sangat bahagia karena kami bisa mengklaim nama kali setelah pertarungan yang lama dan melelahkan," komentar perwakilan Shinhwa. "Kami mengirimkan rasa terima kasih pada fans yang telah menunjukkan dukungan dan menyemangati kami sehingga kami bisa melindungi nama kami sebagai Shinhwa. Kami akan melakukan yang terbaik sehingga nama Shinhwa bisa bersinar lebih terang lagi."

Rasa terima kasih juga ditunjukkan oleh Lee Min Woo. Melalui akun Instagramnya, Min Woo mengunggah kertas bertuliskan nama Shinhwa yang nampaknya ditulisnya sendiri.




"Nama yang selalu denganku selamanya. Terima kasih Shinhwa Changjo (sebutan fans Shinhwa)," tulis Min Woo. "Jika bukan karena kalian semua, maka kami tidak akan mampu melindungi nama kami atau berada di sini selama 17 tahun. Shinhwa tidak akan pecah."

Sedikit mengingatkan, masalah hak milik nama Shinhwa muncul setelah pada 2011 lalu SM Entertainment, selaku agensi yang membuat nama itu, memberikan nama Shinhwa kepada Joon Media. Setahun berselang, ShinCom Entertainment mengajukan tuntutan kepada Joon Media agar melepaskan hak milik nama Shinhwa yang sudah menjadi trademark mereka.

Sejak 2013, Shinhwa menahan diri untuk tidak memakai nama tersebut di sampul album, poster atau merchandise lainnya. Sampul album hanya menunjukkan logo grup mereka, namun tak sekalipun nama Shinhwa terpampang di sana. Kini, setelah memenangkan gugatan, Shinhwa bisa memakai nama mereka. Selamat!

Comments