(Sinopsis) Eps 8 'Scholar Who Walks the Night': Yu Bi Ditangkap, Jun Ki-Changmin Panik



Episode 8 "Scholar Who Walks the Night" melanjutkan perjuangan rencana Lee Yoon (Max Changmin) dan Kim Sung Yeol (Lee Jun Ki) melawan Gwi (Lee Soo Hyuk). Sebelumnya Sung Yeol diam-diam membantu Lee Yoon yang semakin gencar membuka kedok Gwi menggunakan identitas Pelajar Brengsek.

Lee Yoon sendiri sudah mentiapkan selebaran bertuliskan pengakuannya sebagai si Pelajar Brengsek dan siap menyebarnya. Hal itu membuat Sung Yeol gelisah dan mencoba membantunya namun belum ingin mengungkap jati diri di depan Lee Yoon. Ia lalu menculik jasad korban-korban Gwi dan melemparnya ke publik yang kaget melihat ada bekas gigitan di leher mereka untuk membantu.

Untunglah Choi Do Gap, penjual buku yang ditawan Lee Yoon, mempercayainya dan membantunya dengan kembali menghadap Lee Yoon membawa bukti lain terkait jurnal Jun Hyung. Penjual buku bertangan satu itu mengatakan bahwa otak konspirasi memfitnah Pangeran Sadong adalah Perdana Menteri Ryu. Ia hidup dihantui rasa bersalah oleh kejadian itu dan kini ingin menebusnya.

Sung Yeol juga sengaja menyimpan satu jasad untuk dibangunkannya lagi dan membiarkannya bicara di publik lalu membakarnya di bawah sinar matahari. Itu akan dilakukan tepat saat Lee Yoon membuat pengakuan sehingga publik menjadikan zombie itu sebagai bukti tak terbantahkan. Ia yakin Gwi tak akan menggagalkan usaha itu karena dilakukan siang hari.

Sementara itu motif Hye Ryung (Kim So Eun) juga terungkap di episode ini. Rupanya ia selalu membantu Gwi karena dijanjikan menjadi istri Raja yang akan datang. Hye Ryung malah menawarkan diri menjebak Sung Yeol dengan memanfaatkan kemiripannya dengan sang kekasih yang sudah mati, Myung Hee. Gwi sendiri juga ingin membunuh Raja dan Lee Yoon meski tenang-tenang saja menghadapi kekisruhan masyarakat.

Sung Yeol kemudian mendatangi Lee Yoon untuk menunjukkan dukungannya namun tak mau mengungkap wajahnya. Ia bersembunyi di balik singgasana ketika berbicara dengan Lee Yoon yang terkejut akhirnya bertemu orang yang menyamar jadi dirinya. "Ungkap identitasmu dulu, setelah itu aku akan mempercayaimu," tantang Lee Yoon yang semakin mendekati kursi Raja itu.

Namun desakan itu berhenti ketika Raja memasuki ruangan, memberitahu Lee Yoon sudah menangkap si Pelajar Brengsek yaitu Yang Sun (Lee Yu Bi). Sung Yeol dan Lee Yoon jelas sama-sama kaget mendengarnya. Rupanya saat penangkapan itu Choi Do Gap mendatangi rumah Yang Sun dalam keadaan sekarat sambil membawa sebuah surat.

Sung Yeol pun berusaha menyelamatkan Yang Sun yang ditahan bersama ayahnya. Tak disangka Sung Yeol, ayah Yang Sun berteriak histeris melihatnya mengira akan dimangsa dan membuatnya menyadari sesuatu yang aneh. Sang ayah memang tahu saat Sung Yeol jadi vampir pada 10 tahun lalu setelah ia diserahi jurnal Jun Hyung.

"Entah bagaimana, ayah menyimpan jurnal itu dan menyuruhku menjauhimu," ucap Yang Sun sembari menenangkan ayahnya. Yang Sun akhirnya juga tahu Putra Mahkota adalah si Pelajar Brengsek (namun tidak tahu itu adalah Lee Yoon yang dipanggilnya hyungnim) namun harus tetap diam.

Sung Yeol lalu berusaha mengorek informasi jurnal Jun Hyung dari ibu Yang Sun dan berhasil. Sayangnya saat dicari lagi buku tak ditemukan dan malah semua tawanan Pelajar Brengsek mendadak hilang. Ternyata Raja sendiri yang menyembunyikan mereka semua dan "mengasingkan" Lee Yoon untuk tawar menawar dengan Gwi.

"Jika aku mengkhianatimu, kamu bisa membunuh Lee Yoon," ucap Raja yang mempersilahkan Gwi memeriksa sendiri para tawanan untuk menemukan pemilik tas buku temuan Gwi. Mendengar itu, Gwi tersenyum sinis, "Waktumu hanya 2 hari menyelamatkan nyawa Lee Yoon."


Di sisi lain, Lee Yoon akhirnya mengaku pada kakeknya bahwa dirinyalah si Pelajar Brengsek asli. Tak disangka, sang Raja sebenarnya memang sudah tahu namun mengunci mulutnya untuk melihat perkembangan situasi. "Aku melindungi keluarga kerajaan dan negara ini, tapi apa yang kamu lindungi?" hardik Raja. "Ketika kamu tahu semuanya, kenapa hanya diam saja?" tanya Lee Yoon yang dijawab keras Raja. "Aku memberimu kesempatan untuk melihatmu bisa melawan atau tidak, ternyata kamu sama bodohnya dengan ayahmu yang membuat bawahannya mati." Lee Yoon pun tertegun kehabisan kata-kata.

Comments