Thursday, 24 September 2015

Jadi Agensi Top 3, Apa Sih Perbedaan SM, YG dan JYP Versi Netter?



Penggemar K-Pop pasti tahu agensi mana saja yang dianggap sebagai 3 agensi hiburan terbesar di Korea Selatan. Ketiga agensi tersebut, SM, YG dan JYP Entertainment, selama ini telah mendebutkan sederetan grup terkenal sejak generasi pertama pada 90-an lalu.

Disebut sebagai 3 agensi terbesar, SM, YG dan JYP tentu memiliki kualitas tertentu yang tak dimiliki agensi lainnya. Meski sama-sama besar, ketiga agensi tersebut juga memiliki karakteristik tersendiri baik dalam gaya musik maupun cara mengatur artisnya.

SM Entertainment yang saat ini menaungi BoA, TVXQ, Super Junior, Girls' Generation, SHINee, f(x), EXO dan Red Velvet dinilai selalu menghadirkan konsep tak biasa untuk grup-grupnya. Lagu yang diusung grup-grup dari SM juga sering dianggap aneh, namun bikin ketagihan saat sudah didengarkan beberapa kali. Fans dari grup-grup bentukan SM kebanyakan cewek, dan mereka kerap kali membeli album lebih dari 1 copy, yang membuat grup-grup dari SM selalu mencatat penjualan album fisik yang memuaskan.

YG Entertainment lain lagi. Agensi yang menaungi Epik High, Big Bang, 2NE1, Akdong Musician, Lee Hi, Winner (II) dan iKON itu mengharapkan para artisnya bisa menulis lagu sendiri. Grup-grup yang bernaung di bawah YG lebih banyak beraktivitas di Jepang daripada di Korea dan hanya Yang Hyun Suk sang bos yang tahu kapan jadwal comeback para artisnya. Untuk fans, boygrup YG populer di kalangan cowok sedangkan girlgrupnya memiliki banyak fans cewek.

JYP Entertainment yang saat ini menjadi "rumah" bagi 2PM, Wonder Girls, miss A dan GOT7 lebih menyukai gaya menyanyi yang berbeda dari yang lain. Para artis JYP Entertainment dikenal memiliki kekeluargaan yang erat diantara satu sama lain, namun mereka kerap kali "saling dorong" di chart musik akibat jadwal rilis yang bersamaan. Bosnya, Park Jin Young, merupakan penyanyi solo yang masih aktif merilis lagu hingga kini. Park Jin Young dikenal sebagai orang yang asyik dan memperlakukan para artisnya seperti teman.

"Tiga agensi ini memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda-beda. Yang jelas, akan sulit sekali untuk menggantikan 3 agensi ini sebagai top 3," komentar salah satu netter. "Satu hal yang sama-sama dimiliki 3 agensi ini adalah kualitas dari musik mereka yang bagus," komentar yang lain.

Setujukah kalian dengan pendapat netter? Menurut kalian, adakah hal lainnya yang membedakan 3 agensi ini?
 
 
 
 

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih sudah memberikan komentar dihalaman IniSajaMo

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...