Thursday, 17 December 2015

SM, YG, JYP, Agensi Mana yang Tutup 2015 dengan Hasil Terbaik?


 

2015 merupakan tahun yang sibuk bagi agensi besar di industri hiburan K-Pop yakni SM, YG dan JYP Entertainment. Agensi-agensi tersebut sukses merilis karya musik berkualitas dari para musisinya.

Tahun ini, Big Bang yang bernaung di bawah YG sukses dengan comebacknya yang sudah dinanti-nanti fans. Grup beranggotakan 5 orang itu merilis total 8 single yang semuanya berhasil menempati 10 besar lagu yang paling banyak di-download di 2015 dan menggelar tur konser seluruh dunia mulai Amerika hingga Australia. Selain Big Bang, YG juga sukses mendebutkan iKON yang meraih penghargaan rookie terbaik di Mnet Asian Music Awards (MAMA) 2015.

Tak kalah dengan YG, SM Entertainment juga sukses membuat seluruh artisnya comeback mulai BoA hingga Red Velvet. Tak hanya itu, comeback EXO dan Girls' Generation juga dinilai sangat sukses dan meraih penjualan tinggi baik secara fisik maupun digital. Selain grup, para solois dari grup-grup yang bernaung di bawah SM juga sukses merilis album solo, terutama Tae Yeon.

JYP Entertainment juga tak kalah sibuk dari dua agensi lainnya. Selain comeback miss A, GOT7 dan Wonder Girls yang sudah lama dinantikan, CEO Park Jin Young juga memberikan kontribusi di dunia musik lewat karya barunya. Tak hanya itu, tahun ini JYP juga mendebutkan Twice yang sukses besar meski baru debut selama 2 bulan.

Lalu di antara ketiga agensi hiburan terbesar di Korea itu, manakah yang dinilai paling sukses? Untuk masalah ini, netter rupanya memiliki opini beragam.

"Tahun ini tahunnya EXO, Big Bang dan SNSD. EXO menyapu bersih penjualan album fisik dan Big Bang menyapu bersih penjualan album digital," komentar salah satu netter. "SM bekerja keras sepanjang tahun dan YG memberi kita comeback Big Bang,"kata netter lainnya. "Tiga agensi ini semuanya melakukan yang terbaik tahun ini!" ujar yang lain
 
 
 
 
 

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih sudah memberikan komentar dihalaman IniSajaMo

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...