Tuai Rating Pas-Pasan dan Tak Bisa Tayang di Tiongkok, 'Saimdang' Bangkrut?


 

"Saimdang, Light's Diary" awalnya digadang sebagai drama pra produksi yang bakal meledak di pasaran. Namun, harapan tim produksi harus pupus lantaran drama Lee Young Ae cs itu selalu meraup rating pas-pasan hingga saat ini.

Dengan rating pas-pasan ini, banyak pihak yang bertanya-tanya apa dana yang pernah dikeluarkan untuk produksi drama ini bisa kembali atau tidak. Apalagi "Saimdang, Light's Diary" tak bisa tayang di Tiongkok yang merupakan pasar terbesar untuk drama-drama Korea. Lantas, apa "Saimdang, Light's Diary" benar-benar bangkrut?

Rumor bangkrut ini sendiri akhirnya ditanggapi oleh pihak produksi. Menurut perwakilan salah satu tim produksi, larangan tayang di Tiongkok sama sekali tak berpengaruh pada pendapatan "Saimdang, Light's Diary". Drama ini tetap menghasilkan keuntungan besar dari biaya hak cipta.

Selain itu, "Saimdang, Light's Diary" juga populer di negara-negara lain seperti Jepang, Taiwan, Hong Kong dan masih banyak lagi. Keuntungan yang didapat drama SBS ini bahkan sudah meraup 75 persen dari biaya produksi yang mencapai Rp 266 miliar hanya dari pendapatan di luar negeri.

"Kami tak bisa menyebutkan angka pasti. Namun yang jelas kami memperoleh keuntungan yang cukup besar," tutur pihak produksi.

Sementara itu, "Saimdang, Light's Diary" tinggal menyisakan satu episode pamungkas. Drama ini akan tayang pada penayangan Kamis (4/5) besok. Drama ini akan digantikan oleh "Suspicious Partner" yang dibintangi Ji Chang Wook dan Nam Ji Hyun.

Comments